Home / Mobil Suzuki / Komponen Komponen Mobil yang bermasalah
KOMPONEN-MESIN-SUZUKI-ERTIGA
KOMPONEN-MESIN-SUZUKI-ERTIGA

Komponen Komponen Mobil yang bermasalah

Komponen Komponen Mobil yang bermasalah.Permasalahan yang terjadi pada Mesin yang terasa bergetar tidak normal bisa jadi kemungkinan disebabkan beberapa komponen mesin bahkan lebih dari satu komponen yang mengalami permasalahan.

Setidaknya jika anda ingin mengetahui dari beberapa komponen mesin yang sering mengalami permasalahan meski Anda tidak bisa memperbaikinya sendiri, hal ini agar tidak mudah untuk dimanfaatkan oleh oknum bengkel yang bisa saja digunakan untuk menipu anda yang membuat biaya perbaikan menjadi mahal.

Dibawah ini merupakan daftar daftar komponen mesin yang sering menjadi langganan penyebab masalah pada mobil bergetar tidak normal mulai dari koil, busi, sistem injeksi ataupun karburator dan juga setelan idle pada katup karburator.

Untuk gejala awal yang perlu anda perhatikan pada komponen yang rusak dengan mengetahui apa saja fungsi pada komponen tersebut. Nah berikut ini kami dapat memberikan beberapa penjelasan dan fungsi dari masing-masing komponen serta indikator bila terjadi kerusakan.

Komponen Mesin Mobil Yang Sering Masalah

  1. Distributor

Distributor ini merupakan Salah satu komponen yang memiliki fungsi menyalurkan tenaga hasil pengapian ke semua komponen penggerak pada rangkaian mesin. Jika penyaluran tenaga yang diberikan terhambat maka secara otomatis mesin bekerja kurang maksimal.

  • Busi

Busi aus itu akan terlihat dari bentuk fisik pada bagian kepala yang telah rusak dan juga renggang. Apabila anda menemukan salah satu busi yang memiliki ciri masalah tersebut maka segera menggantinya dengan satu set semua busi pada mesin anda yang dimiliki. Karena yang biasa terjadi bermasalah hanya satu busi tetapi dengan busi lainnya akan berdampak pada perfoma yang tidak optimal.

3.          Koil

Komponen yang dimiliki satu ini memiliki fungsi agar bisa memberikan energi listrik yang optimal. Apabila koil atau komponen rusak, proses pengapian pada kendaraan tentunya akan bermasalah. Hal yang sama ini juga terjadi pada komponen busi yang fungsinya untuk memantik percikan api saat proses pengapian.

4.          Sistem injeksi

Sistem injeksi yang terdapat pada berbagai jenis mobil khusus injeksi memiliki sistem penyaluran bahan bakar yang meneruskan bahan bakar ke dalam silinder mesin.

Permasalahan yang biasa terjadi pada sistem mobil injeksi jarang sekali terjadi kerusakan, apabila kotor atau tersumbat baru akan menimbulkan gejala. Timbul beberapa kendala yang   mulai dari mesin mobil yang bergetar kasar akibat indikasi injector tersumbat, tetapi jika gas ditekan lebih dalam dan putaran mesin tinggi akan hilang dengan sendirinya. Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba melakukan langkah berikut.

Pertama nyalakan mesin lalu anda masuk gigi dalam keadaan netral, berikutnya injak dan tekan pedal gas dalam-dalam. Jika mesin yang anda nyalakan brebet atau tersendat-sendat kemungkinan besar injector yang ada pada mobil anda kotor sehingga mengakibatkan mesin brebet.

Anda bisa melakukan injector cleaning untuk mengatasi masalah tersebut yang ada pada mobil tersebut. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan antara lain yaitu Ulrasonic dan Interject Service. jika anda ingin melakukan injector cleaning pastikan dilakukan secara rutin setiap kali memasuki 40.000 km agar dapat menjaga sistem injeksi pada mobil anda tetap prima.

Sebagai bahan yang dapat anda pertimbangan bagi Anda untuk memakai bahan bakar pertalite atau lebih bagus lagi pertamax dan pertama plus agar injector tidak mudah kotor.

5.      Karburator

Karburator yang terdapat pada mesin mobil ini memiliki fungsi yang sama dengan injector yaitu memasok bahan bakar ke dalam silinder. Perbedaannya yang signifikan dapat terletak pada kinerjanya, karburator bekerja secara manual dan mekanis sedangkan untuk injector menggunakan elektronik.

6.      Setelan katup Karburator

Berbeda dengan beberapa hal yang lainnya, bukan komponen melainkan hanya pengaturan. Apabila pada pengaturan idle katup makin tinggi maka katup karburator sehingga tidak menutup dengan sempurna. Hal ini dapat menyebabkan penyaluran bahan bakar terlalu banyak berpindah ke silinder.

6 Komponen yang ada di atas tersebut merupakan mobil yang sering bermasalah dapat anda jadikan sebagai wawasan dan pengetahuan dalam mempelajari tentang komponen mobil.

Jika anda sangat menginginkan membeli mobil baru tentunya berbagai masalah yang ada tersebut akan sangat jarang anda temui, terutama bagi anda pemilik mobil Suzuki All New Ertiga dan Mobil Suzuki XL7. Kedua mobil tersebut kini memiliki fasilitas gratis service beserta suku cadang selama 3 tahun, sehingga anda akan lebih tenang dan tidak khawatir akan mendapatkan masalah terutama terkait mesin mobil. Saat ini Promo Suzuki XL7 bisa didapatkan dengan sangat mudah dengan Dp dan cicilan ringan. Selain itu ada juga Promo Mobil Suzuki Ertiga yang sangat menarik untuk anda dapatkan. Untuk info lebih lanjut anda dapat menghubungi marketing senior kami yang bertempat di Suzuki Pusat dibawah ini.

Bryan Suzuki  :  0822.4708.4990

About BRYAN SAMUEL

Check Also

TAMPILAN-SUZUKI-CARRY-2021

SPESIFIKASI TERBARU DARI SUZUKI NEW CARRY PICKUP 2021

SPESIFIKASI SUZUKI CARRY PICKUP 2021.Pada masa pandemic Covid-19 atau yang biasa disebut corona ini membuat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *